Friday, March 2, 2012

9. FUTURE ( ACTIVE & PASSIVE )


Oleh : Drs. Tony Sartono Asmara

Pada pembahasan sebelumnya kalian sudah bisa mengungkapkan kejadian-kejadian yang terjadi pada waktu Past baik menggunakan kalimat nominal dan kalimat verbal dalam bentuk aktif maupun pasif menggunakan bentuk kata kerja Simple maupun Continuous.

Sekarang saatnya kita akan mempelajari bagaimana cara mengungkapkannya apabila kejadian-kejadian atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan itu terjadinya pada waktu yang akan datang (Future).

Seperti kita ketahui bahwa predikat di dalam bahasa Inggris bentuknya berubah-ubah sesuai dengan waktu kejadiannya. Dengan kata lain, apabila kita ingin menceritakan kejadian waktu yang akan datang (Future), maka kita tinggal mempelajari bentuk kata kerjanya saja. Sedangkan polanya tetap sama, yaitu kelima pola kalimat tunggal yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya. Bentuk kata kerjanya adalah sebagai berikut:

Ciri kalimat yang menunjukkan waktu yang akan datang ( Future) adalah menggunakan kata kerja bantu SHALL / WILL yang ditempatkan sebelum kata kerja.
Perbedaannya :
                           Shall untuk : They, you, he, she, it
                           Will  untuk :  I, We

Bentuk kata kerja setelah shall dan will harus V1 (dasar)
Untuk jenis kalimat yang harus menggunakan to be, maka setelah shall dan will harus : be

Sebagai kata kerja bantu, di dalan kalimat bertanya, shall / will dipindahkan ke depan kalimat sebelum Subject. Di dalam kalimat menyangkal (Negative), shall/will + NOT.

Berikut ini adalah predikat ( kata kerja & to be ) dalam ke lima pola kalimat tunggal dalam bentuk Future tersebut.

1. POSITIVE :                                                POLA KALIMAT NOMINAL

    Bahasa Indonesia                                      Bahasa Inggris

    … akan ada / menjadi, -…                       S  +   shall / will + be   +   C

    Rudi akan ada di garasi besok                  Rudi will be in the garage
                                                                        tomorrow
    Dia akan sangat sibuk                              He will be very busy

2. POSITIVE :                                                POLA KALIMAT VERBAL(AKTIF)
                                                                       dalam bentuk CONTINUOUS

     Bahasa Indonesia                                      Bahasa Inggris

   ….sedang me/mem/ber/-…                      S + shall/will + be + V1 + ing + O

    Rudi sedang mencuci mobilmu               Rudi will be washing your car at
    pukul 7 besok                                             7 o’clock  tomorrow

3. POSITIVE :                                               POLA KALIMAT VERBAL (PASIF)
                                                                      dalam bentuk SIMPLE

     Bahasa Indonesia                                     Bahasa Inggris

   ….akan di …                                              S + shall / will + be + V3 + by O

    Mobilmu akan dicuci oleh kamu                Your car will be washed by you
    besok                                                          tomorrow

4. POSITIVE :                                               POLA KALIMAT VERBAL (PASIF)
                                                                       dalam bentuk CONTINUOUS

     Bahasa Indonesia                                     Bahasa Inggris

   ….sedang di …                                         S+shall/will+be+being+V3+by O

   Mobilmu sedang dicuci oleh kamu           Your car will be being washed
   pukul 7 besok                                              by  you at 7 o’clock tomorrow

5. POSITIVE :                                              POLA KALIMAT VERBAL (AKTIF)
                                                                     dalam bentuk SIMPLE

     Bahasa Indonesia                                    Bahasa Inggris

   …. akan me, mem, ber, - …                    S  +  shall / will +V1  +  O   +  K

    Dia akan mencuci mobilmu besok         He will wash your car tomorrow

Sekedar mengingatkan kembali bahwa kalimat yang harus menggunakan to be adalah :

  1. Kalimat Nominal (lihat pola 1)
  2. Kalimat Verbal Aktif dalam bentuk Continuous (lihat pola 2)
  3. Kalimat Verbal Pasif dalam bentuk Simple (lihat pola 3)
  4. Kalimat Verbal Pasif dalam bentuk Continuous (lihat pola 4)
Kalimat yang tidak boleh menggunakan to be adalah :

  1. Kalimat Verbal Aktif dalam bentuk Simple (lihat pola 5)
Inilah ke lima pola kalimat tunggal dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai baik untuk keperluan berbicara maupun keperluan menulis dalam waktu Future. Jadi pada waktu mau berbicara maupun menulis di dalam bahasa Inggris hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah apakah kalimat yang akan kalian ungkapkan itu ada kata kerjanya atau tidak (Verbal atau Nominal). Bila ternyata tidak mengandung kata kerja, berarti kalian harus menggunakan pola kalimat Nominal. (lihat pola 1)

Bila kalimat yang akan kalian ungkapkan itu ternyata ada kata kerjanya, berarti kalian harus menggunakan pola kalimat Verbal.( lihat pola 2 sampai 4)  Ingat, kalimat Verbal itu terdiri dari 2 jenis, yaitu Aktif atau Pasif. Perbedaannya adalah :

a. bila kalimatnya berbentuk Aktif, polanypun ada 2, yaitu jenis Simple 
    ( pola 5) atau Continuous ( pola 2).
b. bila kalimatnya berbentuk Pasif, polanya juga ada 2, yaitu jenis
    Simple (pola 3) atau Continuous ( pola 4).

Dengan demikian kalian tidak akan salah menggunakan pola.

LATIHAN

Mari kita coba pola-pola kalimat diatas dalam bentuk latihan. Latihan kali ini kalian akan menggunakan kelima pola kalimat di atas. Ungkapkanlah kalimat-kalimat dalam latihan ini dalam bahasa Inggris. Carilah kata-kata sukarnya di dalam kamus. Konsultasikan dengan guru bahasa Inggris kalian.

Setelah selesai mengerjakan latihan di bawah ini, bacalah penjelasan lebih lanjut tentang FUTURE TENSE dan FUTURE CONTINUOUS TENSE.

Ungkapkanlah kalimat-kalimat berikut dalam bahasa Inggris

Task-1

  1. Hari ini adalah hari Minggu. Ayah saya ada di Bandung sekarang.
  2. Besok ayah saya tidak akan ada di Bandung.
  3. Dia akan berada di Jakarta karena kantornya ada di Jakarta
  4. Dia akan sibuk dengan pekerjaannya
  5. Dia akan berada di Jakarta dari hari Senin sampai hari Sabtu
  6. Dia akan menjadi seorang manager bulan depan
  7. Dia akan bahagia dengan pekerjaan barunya
  8. Apakah ayahmu akan berada di Indonesia tahun ini?
  9. Kapan ayahmu akan berada di Indonesia lagi?
  10. Berapa lama ayahmu akan berada di America?
Task-2

  1. Saya tidak akan sibuk besok
  2. Saya akan pergi ke rumah teman saya di Cianjur
  3. Saya tidak akan pergi ke sana naik motor
  4. Saya akan pergi ke sana naik bus pagi-pagi sekali
  5. Saya akan tiba di Cianjur di siang hari
  6. Teman saya akan merasa gembira bertemu dengan saya
  7. Apakah kamu akan pergi ke Cianjur dengan saya?
  8. Kamu akan pergi kemana besok?
  9. Jam berapa kamu akan pergi ke Cianjur?
  10. Kamu akan pergi ke Cianjur dengan siapa?
Task-3

    1. Murid-murid sedang belajar bahasa Inggris pukul 7 besok pagi  
    2. Mereka sedang membeli makanan di kantin pukul 10 besok
    3. Rudi tidak sedang mengerjakan PR pukul 7 malam ini  
    4. Dia sedang nonton televisi pukul 7 malam ini  
    5. Apakah teman-temanmu sedang belajar bersama malam ini?
    6. Dia tidak sedang membaca buku pukul 8 malam ini
    7. Pembantu saya sedang mencuci mobil saya besok pagi
    8. Apakah ayahmu sedang membaca surat kabar besok pagi?
    9. Apa yang sedang kamu lakukan di kebun besok pagi?
  10. Siapa yang sedang membersihkan kamarku besok pagi?

Task-4


1.      Saya tidak akan menggunakan mobil itu besok
2.      Mobil itu akan diperbaiki besok
3.      Mobil itu tidak akan dibawa ke bengkel
4.      Mobil itu akan dibawa ke rumah teman saya
5.      Mobil itu akan diperbaiki oleh teman saya
6.      Pertama-tama mobil itu akan diperiksa olehnya
7.      Teman saya akan sibuk pukul 7 besok
8.      Mobil saya sedang diperbaiki oleh teman saya pukul 7 besok
9.      Teman saya tidak akan memperbaiki mobil itu sendiri 
10. Dia akan dibantu oleh saya besok


Task-5


Guru bahasa Inggris kami akan memberikan ulangan bahasa Inggris besok. Saya akan sibuk malam ini. Saya akan belajar sampai larut malam. Saya ingin mendapatkan nilai yang bagus oleh karena itu saya akan belajar dengan sungguh-sungguh. Teman-teman saya akan datang ke rumah saya. Mereka akan belajar bersama di rumah saya. Setelah kami belajar, kami akan makan malam bersama. Setelah kami makan malam, teman-teman saya akan pulang.

Hari senin depan pak guru tidak akan memberikan ulangan tetapi dia akan memberikan pekerjaan rumah oleh karena itu teman-teman saya akan datang lagi ke rumah saya. Pekerjaan rumah itu akan dikerjakan bersama-sama. Biasanya kami mengerjakan pekerjaan rumah di siang hari tetapi hari Senin depan kami tidak akan mengerjakan pekerjaan rumah di siang hari. Kami akan mengerjakan pekerjaan rumah itu di malam hari.

Jika tidak ada ulangan, teman-teman saya jarang datang ke rumah saya. Tetapi mereka akan datang ke rumah saya pada malam Minggu. Mereka akan tinggal di rumah saya sampai larut malam. Kami akan berbincang-bincang, nonton televisi, atau mendengarkan music. Malam minggu ini kami akan pergi ke pusat kota untuk jalan-jalan atau pergi ke restoran untuk membeli makanan dan minuman.



Selamat Belajar

No comments:

Post a Comment