Friday, March 2, 2012

10. PRESENT PERFECT ( ACTIVE & PASSIVE)


Oleh : Drs. Tony Sartono Asmara

Pada pembahasan sebelumnya kalian sudah mempelajari cara mengungkapkan kejadian-kejadian yang terjadi pada waktu Present, Past, dan Future baik menggunakan kalimat nominal dan kalimat verbal dalam bentuk aktif maupun pasif menggunakan bentuk kata kerja Simple maupun Continuous.

Sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara mengungkapkannya apabila kejadian-kejadian atau kegiatan-kegiatannya itu sudah dilakukan (Perfect).

Seperti kita ketahui bahwa predikat di dalam bahasa Inggris bentuknya berubah-ubah sesuai dengan waktu kejadiannya. Dengan kata lain, apabila kita ingin menceritakan kejadian yang sudah dilakukan (Perfect), maka kita tinggal mempelajari bentuk kata kerjanya saja. Sedangkan polanya tetap sama, yaitu kelima pola kalimat tunggal yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya. Bentuk kata kerjanya adalah sebagai berikut:  

Ciri kalimat yang menunjukkan kegiatan yang sudah dilakukan ( Perfect) adalah menggunakan kata kerja bantu HAVE / HAS yang ditempatkan sebelum kata kerja.
Perbedaannya :
                                    Have untuk : They, We, I, You
                                    Has  untuk   :  He, She, It

Bentuk kata kerja setelah have / has harus V3
Untuk jenis kalimat yang harus menggunakan to be, maka setelah have dan has harus : been

Sebagai kata kerja bantu, di dalan kalimat bertanya, have / has dipindahkan ke depan kalimat sebelum Subject. Di dalam kalimat menyangkal (Negative), have/has + NOT.

1. POSITIVE :                                             POLA KALIMAT NOMINAL

    Bahasa Indonesia                                   Bahasa Inggris

    … sudah ada / menjadi, -…                  S  +   have/has  + been   +   C

    Rudi sudah ada di garasi                        Rudi has been in the garage
    Dia sudah sibuk jam akhir-ahkir ini        He has been busy lately

2. POSITIVE :                                             POLA KALIMAT VERBAL(AKTIF)
                                                                    dalam bentuk CONTINUOUS

     Bahasa Indonesia                                   Bahasa Inggris

    ..sudah me/mem/ber/-.. selama            S +have/has +been+V1+ing + O
    /sejak

    Rudi sudah mencuci mobilmu               Rudi has been washing your car
    selama 1 jam                                           for1 hour
    Rudi sudah mencuci mobilmu               Rudi has been washing your car
    sejak pukul 7                                          since 7 o’clock

3. POSITIVE :                                             POLA KALIMAT VERBAL (PASIF)
                                                                    dalam bentuk SIMPLE

     Bahasa Indonesia                                  Bahasa Inggris

   ….sudah di …                                        S + have/has+been+ V3 + by O

    Mobilmu sudah dicuci oleh saya          Your car has been washed by me

4. POSITIVE :                                            POLA KALIMAT VERBAL (PASIF)
                                                                   dalam bentuk CONTINUOUS

     Bahasa Indonesia                                 Bahasa Inggris

   ….sudah di … selama/sejak...             S+have/has+been+being+V3+by O

   Mobilmu sudah dicuci oleh kamu         Your car has been being washed
   selama 1 jam                                          by you for 1 hour

5. POSITIVE :                                           POLA KALIMAT VERBAL (AKTIF)
                                                                  dalam bentuk SIMPLE

     Bahasa Indonesia                                Bahasa Inggris

    ... sudah me, mem, ber, - …               S   +  have/has +V3   +  O  +  K

    Dia sudah mencuci mobilmu              He has washed your car

Setelah membaca pola-pola di atas mungkin kalian akan bertanya apa bedanya pola 2 dan pola 5 (Aktif). Demikian juga pola 3 dan pola 4. (Pasif). Untuk memahami itu, perhatikan kembali kalimat-kalimatnya :

Pola 2 :  Rudi sudah mencuci mobilmu selama 1 jam
              Rudi has been washing your car for 1 hour

              Rudi sudah mencuci mobilmu sejak pukul 7
              Rudi has been washing your car since 7 o’clock

Pola 5 :  Rudi sudah mencuci mobilmu
              Rudi has washed your car

Pola 2, nama bentuk kata kerjanya adalah Present Perfect Contiuous Tense, menerangkan kejadian yang sudah dilakukan tetapi belum selesai sampai sekarang. Sekarang masing dilakukan! Cirinya ada keterangan “selama (for) dan sejak (since)”.

Pola 5, nama bentuk kata kerjanya adalah Present Perfect Tense, menerangkan kejadian yang sudah selesai. Sekarang tidak dilakukan lagi. Yang diutamakan adalah hasilnya.

Perbedaan arti untuk pola 3 dan 4 sama dengan pola 2 dan 5. Hanya saja pola 3 dan 4 bentuknya pasif.

Pertanyaan berikutnya :

Seperti dijelaskan bahwa bentuk kata kerja Perfect ini, khususnya pola 5, menerangkan kejadian yang sudah dilakukan. Mungkin kalian akan bertanya apa bedanya dengan Simple Past Tense karena keduanya terjadi pada waktu lampau. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikan kembali kalimat-kalimatnya.

Simple Past tense       :  I washed your car yesterday (Saya mencuci
                                        mobilmu kemarin)
Present Perfect Tense :  I have washed your car (Saya sudah mencuci
                                        mobilmu)

Dilihat dari waktu kejadiannya, bisa saja waktu kejadiannya sama, misalnya kemarin dilakukannya.  Perbedaannya pada penekanannya.

Simple Past Tense menekankan kapan kejadiannya, yaitu kemarin
Present Perfect Tense menekankan hasilnya, yaitu mobilnya sekarang sudah bersih. Bukan waktunya. Oleh karena itu kata kerja Present Perfect Tense tidak boleh menggunakan keterangan waktu lampu.

Di dalam bahasa Indonesia tidak masalah bila kita mengatakan : “Saya sudah mencuci mobilmu kemarin” atau ”Saya sudah mencuci mobilmu” (tanpa keterangan waktu). Di dalam bahasa Inggris tidak demikian!

Kesimpulan :  Bila waktunya yang diutamakan, gunakan Simple Past aTense
                       Bila hasilnya yang diutamakan, gunakan Present Perfect
                       Tense

LATIHAN

Mari kita coba pola-pola kalimat diatas dalam bentuk latihan. Latihan kali ini kalian akan menggunakan kelima pola kalimat di atas. Ungkapkanlah kalimat-kalimat dalam latihan ini dalam bahasa Inggris. Carilah kata-kata sukarnya di dalam kamus. Konsultasikan dengan guru bahasa Inggris kalian.

Setelah selesai mengerjakan latihan dibawah ini, bacalah penjelasan lebih lanjut tentang PRESENT PERFECT TENSE dan PRESENT PERFECT CONTINUOUS TENSE

TASK-1

Ungkapkanlah kalimat-kalimat berikut dalam bahasa Inggris

Task-1

  1. Rudi sudah ada di rumah
  2. Dia sudah ada di kamarnya
  3. Dia sudah mengerjakan pekerjaan rumah
  4. Dia sudah mengerjakan pekerjaan rumah sejak pukul 8
  5. Pekerjaan rumahnya sudah dikerjakan oleh Rudi
  6. Pekerjaan rumahnya sudah dikerjakan selama 10 menit
  7. Apakah kamu sudah mengerjakan pekerjaan rumahmu?
  8. Saya belum mengerjakan pekerjaan rumah
  9. Apakah Rudi sudah pulang ke rumah?
  10. Rudi belum pulang ke rumah
Task-2

  1. Mobil saya masih kotor. Hasan belum mencuci mobil itu
  2. Sekarang mobil itu bersih. Hasan sudah mencuci mobil itu
  3. Rudi ada di kamarnya. Dia sudah ada di kamarnya sejak pukul 10
  4. Rudi sedang tidur di kamarnya. Dia sudah tidur selama 3 jam
  5. Hasan sakit. Dia sudah sakit selama 1 minggu
  6. Kamu dapat menggunakan mobil itu. Hasan sudah mencuci mobil itu
  7. Jangan gunakan mobil itu! Hasan belum mencucinya
  8. Dimana Hasan? Saya sudah mencarinya sejak tadi pagi
  9. Saya sedang belajar bahasa Inggris. Saya sudah belajar selama 1 jam
  10. Saya sudah belajar bahasa Inggris. Saya akan nonton televisi.

Task-3

  1. Mobil saya masih kotor. Mobil itu belum dicuci oleh Rudi
  2. Mobil itu sudah dicuci oleh Rudi. Sekarang mobil itu bersih
  3. Mobil itu sudah diperbaiki. Kamu boleh menggunakannya
  4. Rudi sedang memperbaiki mobil itu. Mobil itu sudah diperbaik sejak pukul 7
  5. Jangan gunakan mobil itu! Mobil itu belum diperbaiki oleh saya
  6. Hasan sakit. Dia belum dibawa ke rumah sakit
  7. Saya sangat lapar. Saya belum makan. Apakah kamu sudah makan?
  8. Makan pagi sudah disiapkan. Mari kita makan pagi bersama-sama!
  9. Pasen itu sudah dibawa ke rumah sakit. 
  10. Pasen itu sudah diperiksa oleh dokter selama setengah jam
Task-4

  1. Saya sudah menulis surat kepada orang tua saya. Saya menulis surat itu tadi malam.
  2. Saya sudah mengirim surat itu. Saya mengirim surat itu tadi pagi
  3. Dia sudah menerima surat dari saya. Dia menerimanya kemarin
  4. Saya sudah pernah ke Bali. Saya berada di Bali tahun yang lalu
  5. Apakah kamu sudah pernah ke Bali? Kapan kamu pergi ke sana?
  6. Saya belum mengerjakan PR. Saya akan mengerjakannya nanti malam
  7. Jangan menyapu lantai! Saya sudah menyapu lantai itu.
  8. Saya sangat ngantuk. Saya belum tidur sejak tadi malam
  9. Saya menerima uang minggu lalu. Uang itu sudah ditabungkan di bank
  10. Pelajaran itu sudah diterangkan oleh guru tetapi saya belum mengerti



Selamat Belajar

No comments:

Post a Comment