Thursday, March 1, 2012

7. RANGKUMAN ( VERBAL & NOMINAL )


Oleh : Drs. Tony Sartono Asmara

Perlu diketahui bahwa ke enam pembahasan yang sudah disampaikan membahas tuntas pola-pola kalimat tunggal baik jenis kalimat Nominal maupun Verbal. Semuanya ada 5 pola, yaitu 1 pola kalimat Nominal dan 4 kalimat Verbal. Ke empat pola kalimat Verbal tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu 2 kalimat Verbal dalam bentuk Aktif dan 2 kalimat Verbal dalam bentuk Pasif. Dan ke duanya terdiri dari jenis kalimat kelompok Simple dan Continuous. Perbedaan antara pola yang satu dengan pola yang lainnya terletak pada predikatnya.Yang berubah-ubah dari ke lima pola tersebut adalah  predikatnya.

Seperti kita ketahui bahwa predikat di dalam bahasa Inggris bentuknya berubah-ubah sesuai dengan waktu kejadiannya. Waktu terdiri dari tiga, yaitu Present, Past dan Future dan ke lima pola yang sudah dibahas itu waktunya adalah Present. Berikut ini adalah ke lima pola kalimat tunggal yang sudah dibahas tersebut dalam waktu Present. Perhatikan perubahan predikatnya yang bercetak tebal.

1. POSITIVE :                                             POLA KALIMAT NOMINAL

    Bahasa Indonesia                                    Bahasa Inggris
 
    … adalah / ada / menjadi, -…                S  +  are, am, is   +   C

    Rudi adalah teman kamu                        Rudi is your friend
    Dia ada di dalam kelas                            He is in the classroom now

2. POSITIVE :                                             POLA KALIMAT VERBAL(AKTIF)
                                                                    dalam bentuk CONTINUOUS

     Bahasa Indonesia                                   Bahasa Inggris

   ….sedang me/mem/ber/-…                    S + are, am, is + V1 + ing + O

    Rudi sedang mencuci mobilmu             Rudi is washing your car now
    sekarang

3. POSITIVE :                                             POLA KALIMAT VERBAL (PASIF)
                                                                    dalam bentuk SIMPLE

     Bahasa Indonesia                                   Bahasa Inggris

   ….di …                                                     S + are, am, is + V3 + by O

    Mobilmu dicuci oleh kamu setiap          Your car is washed by you every
    hari                                                          day

4. POSITIVE :                                             POLA KALIMAT VERBAL (PASIF)
                                                                    dalam bentuk CONTINUOUS

     Bahasa Indonesia                                  Bahasa Inggris

   ….sedang di …                                      S + are,am,is + being + V3 + by O

   Mobilmu sedang dicuci oleh kamu        Your car is being washed by you
   sekarang                                                  now

5. POSITIVE :                                            POLA KALIMAT VERBAL (AKTIF)
                                                                   dalam bentuk SIMPLE

     Bahasa Indonesia                                  Bahasa Inggris

   ….me, mem, ber, - …                             S +  V1 / V1+s/es   + O + K

    Dia mencuci mobilmu setiap pagi         He washes your car every morning

Dari ke lima pola kalimat tunggal di atas jelas terlihat bahwa kalimat tunggal itu terdiri dari 2 jenis dilihat dari predikatnya (ada atau tidak ada kata kerjanya), yaitu :
             1.      Kalimat Nominal yaitu kalimat yang predikatnya bukan kata kerja 
             2.      Kalimat Verbal, yaitu kalimat yang predikatnya terdiridari kata kerja.

Kalimat Nominal hanya terdiri dari 1 pola sedangkan kalimat Verbal terdiri dari 4 pola. Dari ke lima pola itu ada kalimat yang harus menggunakan to be dan ada kalimat yang tidak boleh menggunakan to be.

Kalimat yang harus menggunakan to be adalah :

  1. Kalimat Nominal (lihat pola 1)
  2. Kalimat Verbal Aktif dalam bentuk Continuous (lihat pola 2)
  3. Kalimat Verbal Pasif dalam bentuk Simple (lihat pola 3)
  4. Kalimat Verbal Pasif dalam bentuk Continuous (lihat pola 4)
Kalimat yang tidak boleh menggunakan to be adalah :

  1. Kalimat Verbal Aktif dalam bentuk Simple (lihat pola 5)
Inilah ke lima pola kalimat tunggal dalam bahasa Inggris yang harus kita kuasai baik untuk keperluan berbicara maupun keperluan menulis khususnya dalam waktu Present. Jadi pada waktu kita mau berbicara maupun menulis di dalam bahasa Inggris hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah apakah kalimat yang akan kita sampaikan itu ada kata kerjanya atau tidak (Verbal atau Nominal). Bila ternyata tidak mengandung kata kerja, berarti kita harus menggunakan pola kalimat Nominal. (pola 1)

Bila kalimat yang akan kita sampaikan itu ternyata ada kata kerjanya, berarti kita harus menggunakan pola kalimat Verbal.( pola 2 sampai 4)  Ingat, kalimat Verbal itu terdiri dari 2 jenis, yaitu Aktif atau Pasif. Perbedaannya adalah :

a. bila kalimatnya berbentuk Aktif, polanypun ada 2, yaitu jenis  
    Simple ( pola 5) atau Continuous ( pola 2).
b. bila kalimatnya berbentuk Pasif, polanya juga ada 2, yaitu
    jenis Simple (pola 3)  atau Continuous ( pola 4).

Dengan demikian kita tidak akan salah menggunakan pola.

LATIHAN

Latihan kali ini kita akan menggunakan kelima pola kalimat di atas. Ungkapkanlah kalimat-kalimat berikut ini dalam bahasa Inggris. Carilah kata-kata sukarnya di dalam kamus. Konsultasikan dengan guru bahasa Inggris kalian.

TASK-1

  1. Saya bangun pukul setengah lima setiap pagi
  2. Orang tua saya tidak bangun pukul setengah lima setiap pagi
  3. Mereka bangun pukul empat setiap pagi
  4. Kakak saya bangun pukul lima setiap pagi
  5. Ibu saya ada di dapur. Dia sedang masak nasi
  6. Pembantu saya sedang mencuci pakaian di kamar mandi sekarang
  7. Kamar saya kotor. Kamar itu sedang dibersihkan oleh pembantu saya sekarang
  8. Kamar itu dibersihkan oleh pembantu saya setiap pagi
  9. Ayah saya sangat sibuk dengan pekerjaannya tetapi dia menyukainya.
  10. Apakah kakakmu ada di rumah setiap hari?
  11. Ayah saya tidak ada di sekolah. Dia bukan seorang guru
  12. Kakak saya sedang nonton televisi di ruang keluarga sekarang
  13. Dia ada di kamarnya. Dia tidak sedang mendengarkan radio sekarang
  14. Bunga-bunga itu disiram oleh ibu saya setiap pagi
  15. Rumput di kebun saya dipotong oleh tukang kebun
TASK-2

Hari ini hari Minggu. Saya selalu ada di rumah setiap hari Minggu. Saya sangat sibuk sekarang. Saya sedang mengerjakan pekerjaan rumah saya. Tetapi tentu saja saya tidak sedang  bekerja  sendiri. Saya dibantu oleh pembantu saya. Namanya Udin. Dia seorang pembantu yang baik. Dia pandai dan juga rajin. Walaupun demikian, pembantu itu tidak pernah disuruh  oleh saya untuk mencuci mobil saya. Mobil itu  selalu  dicuci oleh  saya sendiri.

Sekarang kami ada di ruang makan. Kami sangat lapar. Kami sedang makan pagi. Kami selalu makan pagi bersama. Kami selalu makan pagi sebelum kami pergi ke sekolah. Tetapi ayah saya tidak makan pagi di pagi hari. Dia hanya minum secangkir kopi. Sekarang dia sedang membaca surat kabar. Dia selalu membaca surat kabar sebelum dia pergi ke kantor.

Apakah kamu sedang makan pagi juga? Apakah ibumu sedang masak di dapur sekarang? Siapa yang sedang menyiapkan makan pagi untukmu? Apakah makanan pagi disiapkan oleh pembantumu? Jam berapa kamu biasa makan pagi? Siapa yang tidak sedang makan pagi sekarang? Siapa yang tidak makan pagi di keluargamu?



Selamat Belajar

No comments:

Post a Comment