Wednesday, February 29, 2012

6. SIMPLE PRESENT TENSE ( VERBAL )


Oleh : Drs. Tony Sartono Asmara

Pada pembahasan-pembahasan sebelumnya telah dibahas jenis-jenis kalimat yang harus menggunakan to be. Sekarang tiba saatnya membahas jenis kalimat yang tidak boleh menggunakan to be. Tapi sebelumnya marilah kita ingat-ingat kembali materi-materi yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya, yaitu semua jenis kalimat yang harus menggunakan to be. Masih ingat, bukan?
Sebelum dilanjutkan, perlu diingatan juga satu hal penting bahwa baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia mengenal 2 jenis kalimat, yaitu : Nominal dan  Verbal. Perbedaannya adalah :

      1.      Kalimat Nominal adalah kalimat yang predikatnya bukan kata kerja 
      2.      Kalimat Verbal adalah kalimat yang predikatnya terdiri dari kata kerja

      Nah, bila kalian lupa lagi jenis kalimat apa saja yang harus menggunakan to be, berikut ini adalah ringkasannya :

To be harus digunakan di dalam Nominal. Disini to be dapat berarti : adalah, ada, menjadi atau tidak diartikan.
To be harus digunakan di dalam kalimat Verbal bentuk Aktif jenis Continuous  yaitu menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung.
To be harus digunakan di dalam kalimat Verbal bentuk Pasif baik jenis Simple maupun jenis Continuous.
    Setelah membaca ringkasan di atas, mungkin kalian akan bertanya apakah to be boleh digunakan di dalam kalimat Verbal bentuk Aktif jenis Simple, yaitu yang kata kerjanya tidak menunjukan kegiatan yang sedang berlangsung. Jawabannya tentu saja tidak boleh.
          Inilah jenis kalimat yang akan dibahas pada halaman ini, yaitu jenis kalimat yang tidak boleh menggunakan to be. Di dalam kalimatnya terdapat kata kerja tetapi kata kerjanya tidak menerangkan kegiatan yang sedang berlangsung atau kata kerjanya bukan kata kerja dalam bentuk pasif. Misalnya dalam mengungkapkan kegiatan yang berulang-ulang, seperti “Saya bangun pukul 4 setiap pagi.”, Apakah kamu bangun pukul 4 setiap pagi? Saya tidak bangun pukul 4 setiap pagi, Pukul berapa kamu bangun setiap pagi? Berikut ini adalah pola-polanya.
Pelajarilah pola-pola kalimatnya berikut contoh-contohnya :

A. POSITIVE :                                                   POLA KALIMAT VERBAL

     Bahasa Indonesia                                        Bahasa Inggris

   ….me, mem, ber, - …                                   S +  V1 / V1+s/es   + O + K

   Dia mencuci mobilmu setiap pagi                 He washes your car every
                                                                          every morning
B. NEGATIVE
       
   ….tidak me,mem,ber,-…                               S + do/does + not + V1 +  O + K

    Dia tidak mencuci mobilmu setiap pagi        He does not wash your car
   morning
   
C. INTERROGATIVE

1. Apakah….. me,mem,ber,-…..?                    Do/Does   +  S  + V1 +  O  +  K?

   Apakah dia mencuci mobilmu setiap            Does he wash your car every
   pagi?                                                              morning?

2. Siapa yang me,mem,ber,-….?                     WHO +V1+ s/es + O + K?
   
    Siapa yang mencuci mobilmu setiap           Who washes your car every
    pagi?                                                             morning?

3. Siapa yang tidak me,mem,ber,-….?            WHO + does not +V1  +  O + K?

    Siapa yang tidak mencuci mobilmu             Who does not wash your car
    setiap pagi?                                                  every morning?

4. Kata-kata tanya selain WHO                       QW + do /does+S+V1 +O + K?

    Dimana dia mencuci mobilmu setiap          Where does he wash your car
    pagi?                                                             every morning?
    Kapan dia mencuci mobilmu?                      When does he wash your car?
    Apa yang dia cuci setiap pagi?                     What does he wash every
                                                                          morning?
    Ingat!

V1 digunakan untuk subject     : They, We, I, You
V1 + s/es digunakan untuk        : He, She, It
Do digunakan untuk subject    : They, We, I, You
Does digunakan untuk subject : He, She, It

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang kegunaan SIMPLE PRESENT TENSE, klik di sini

LATIHAN

Salinlah kalimat-kalimat berikut ini dalam bahasa Inggris. Carilah kata-kata sukarnya di dalam kamus. Konsultasikan dengan guru bahasa Inggris kalian.

Translate the sentences into English

Task-1

  1. Saya bangun pukul setengah lima setiap pagi
  2. Orang tua saya tidak bangun pukulsetengah lima setiap pagi
  3. Mereka bangun pukul empat setiap pagi
  4. Kakak saya bangun pukul lima setiap pagi
  5. Apakah kamu bangun pukul 4 setiap pagi?
  6. Apakah orang tuamu bangun pukul lima setiap pagi?
  7. Apakah kakakmu bangun pukul 4 setiap pagi?
  8. Jam berapa kakakmu bangun setiap pagi?
  9. Jam berapa pembantumu bangun setiap pagi?
  10. Siapa yang bangun terlambat di keluargamu?

Task-2

Saya tinggal di Bandung. Saya tinggal sendiri. Saya tidak tinggal dengan orang tua saya. Kakak saya tidak tinggal di Bandung. Dia tinggal di Jakarta. Dia tinggal dengan orang tua saya di sana. Apakah kamu tinggal di Bandung? Apakah orang tuamu tinggal dengan kamu? Siapa yang mencuci pakaianmu? Apakah ayahmu bekerja? Dia bekerja dimana? Apakah ibumu juga bekerja?

Task-3

Saya bangun jam setengah lima setiap pagi. Setelah saya bangun, saya pergi ke kamar mandi. Saya menyikat gigi saya kemudian saya mencuci muka saya. Setelah itu saya sholat. Saya tidak sholat di mesjid, tapi saya sholat di rumah. Saya sholat bersama-sama dengan keluarga saya. Kadang-kadang saya sholat sendiri di kamar saya. Saudara laki-laki saya bangun jam lima. Dia sering bangun kesiangan. Dia bangun setelah semua orang di rumah selesai sholat, oleh karena itu dia sering sholat sendiri di kamarnya.

Setelah saya sholat, saya membereskan tempat tidur saya, kemudian saya menyapu kamar saya. Setelah saya selesai menyapu kamar saya, saya mandi, lalu saya memakai pakaian seragam saya.  Setelah itu, saya menyiapkan buku-buku. Saya simpan buku-buku itu di dalam tas saya. Saya makan pagi jam 6. Saya makan pagi bersama-sama dengan keluarga saya. Setelah saya makan pagi, saya pergi ke sekolah. Saya pergi ke sekolah naik mobil



Selamat Belajar

No comments:

Post a Comment