Wednesday, February 29, 2012

5. PRESENT CONTINUOUS TENSE ( PASSIVE )


    Oleh : Drs. Tony Sartono Asmara

Pembahasan pada halaman ini juga masih tentang kalimat pasif, tetapi bentuk kata kerja pasif yang akan dibahas kali ini adalah bentuk kata kerja pasif yang menerangkan kegiatan yang sedang berlangsung sekarang (Present Continuous Tense). Misalnya kita ingin mengatakan “Mobilmu sedang dicuci oleh kamu sekarang”, maka pola kata kerja dasarnya adalah :

                                                   To be + being + V3

Pelajarilah pola-pola kalimatnya berikut contoh-contohnya :

A. POSITIVE :                                                     POLA KALIMAT VERBAL

     Bahasa Indonesia                                               Bahasa Inggris

   ….sedang di …                                       S + are, am, is + being + V3 + by O

   Mobilmu sedang di cuci oleh kamu        Your car is being washed by you now
   sekarang

B. NEGATIVE
                                                                                                                                                                  
   ….tidak sedang di …                      S + are, am, is + not +being + V3 + by O


    Mobilmu tidak sedang dicuci         Your car is not being washed by you now
    oleh kamu sekarang

C. INTERROGATIVE

1. Apakah….. sedang di …..?               Are, Am, Is + S + being + V3 + by O ?

   Apakah mobilmu sedang dicuci         Is your car being washed by you now?
    olehmu sekarang?

2. Apa yang sedang di…?                     What + is + being + V3 + by O ?

    Apa yang sedang dicuci oleh mu      What is being washed by you now?
    sekarang?

3. Apa yang tidak sedang di…?             What + is not + being + V3 + by O ?

    Apa yang tidak sedang dicuci           What is not being washed by you now?
    olehmu sekarang?

4. Kata tanya selain WHAT/WHO       QW + are,am, is+ S +being+V3 + by O?

    Dimana mobilmu sedang dicuci     Where is your car being washed by you?
    olehmu?
    Mengapa mobilmu sedang dicuci   Why is your car being washed by you?
    olehmu?

LATIHAN

Salinlah kalimat-kalimat berikut ini dalam bahasa Inggris. Carilah kata-kata sukarnya di dalam kamus. Konsultasikan dengan guru bahasa Inggris kalian.

Translate the sentences into English

 Task-1

 

  1. Mobil saya sedang dicuci karena mobil itu kotor sekali
  2. Rumah saya sedang dicat oleh pembantu saya sekarang
  3. Apakah kamarmu sedang disapu oleh adik perempuanmu?
  4. Apakah rumahmu sedang diperbaiki oleh temanmu?
  5. Buku itu tidak sedang dibaca oleh teman saya
  6. Pensil itu tidak sedang dipakai oleh saya sekarang
  7. Jangan masuk ke dalam kamar karena kamar itu sedang dibersihkan
  8. Jangan duduk di kursi itu! Kursi itu sedang dicat oleh saya
  9. Pakailah mobil ini! Mobil ini tidak sedang dipakai oleh siapapun
  10. Majalah itu tidak sedang dibaca oleh siapapun. Ambilah majalah itu!

Task-2

 

  1. Sekarang saya sedang tinggal di hotel karena rumah saya sedang diperbaiki
  2. Rudi ada di rumah sakit. Dia sedang diperiksa oleh dokter.
  3. Saya tidak sedang mengerjakan PR. PR itu sedang dikerjakan oleh kakak saya
  4. Dodi tidak mencuci mobil itu. Mobil itu dicuci oleh saya setiap pagi.
  5. Mobil itu sangat kotor. Mobil itu sedang dicuci oleh saya sekarang
  6. Bunga-bunga itu disiram oleh saya setiap pagi jika saya tidak sibuk
  7. Bunga-bunga itu tidak sedang disiram oleh saya karena saya sibuk sekarang
  8. Dimana buku saya? Apakah buku saya sedang dibaca oleh kamu, John?
  9. Hati-hatilah! Jangan lari terlalu cepat! Jalan itu sedang diperbaiki.
  10. Ada dua buah buku di atas meja. Salah satu dari buku-buku itu sedang dibaca oleh teman saya.

Task-3

 

Hari ini hari Minggu. Saya selalu ada di rumah setiap hari Minggu. Saya sangat sibuk sekarang. Saya sedang mengerjakan pekerjaan rumah saya. Tetapi tentu saja saya tidak sedang  bekerja  sendiri. Saya sedang dibantu oleh pembantu saya. Namanya Udin. Dia seorang pembantu yang baik. Dia pandai dan juga rajin. Walaupun demikian, pembantu itu tidak pernah disuruh  oleh saya untuk mencuci mobil. Mobil itu  selalu  dicuci oleh  saya sendiri. Sekarang mobil itu sedang dicuci  oleh  saya. Dan pembantu saya sedang mengambilkan seember  air untuk saya.

Task-4

Saya suka pembantu saya. Dia sangat rajin. Dia tahu kewajibannya dengan baik. Namun hari ini dia sakit. Kami semuanya sibuk pagi ini. Semua tugasnya dikerjakan oleh kami. Sekarang lantai sedang  disapu  oleh  saya. Jendela-jendela  rumah sedang dibuka oleh adik perempuan saya.  Mebel-mebel sedang dibersihkan oleh kakak perempuan saya. Piring-piring dan gelas-gelas sedang  dicuci  oleh ibu saya. Pakaian kotor sedang  dicuci  oleh adik laki-laki saya. Dan ayah saya sibuk dengan mobil saya. Ada masalah dengan mobil itu. Mobil itu sedang diperbaiki olehnya sekarang.

Selamat Belajar

No comments:

Post a Comment