Monday, April 2, 2012

SIMPLE PRESENT TENSE

Seperti sudah dijelaskan pada pembahasan tentang kata kerja bahwa bila kita mau menggunakan kata kerja dan kata kerjanya tidak menerangkan kejadian yang sedang berlangsung (Continuous), maka kalimatnya tidak boleh menggunakan to be.

Pada halaman berikut ini akan dijelaskan penggunaan kata kerja tersebut dalam mengungkapkan kejadian yang terjadi sehari-hari atau yang berulang-ulang. Di dalam bahasa Inggris, kata kerja tersebut disebut Simple Present Tense.

Misalnya kita hendak mengatakan ungkapan, seperti “Saya bangun pukul 4 setiap pagi.”, Apakah kamu bangun pukul 4 setiap pagi? Saya tidak bangun pukul 4 setiap pagi, Pukul berapa kamu bangun setiap pagi?, maka kita harus menggunakan bentuk kata kerja Simple Present Tense, yaitu : V1 / V1+s/es.

Berikut ini adalah pola-polanya.

Pelajarilah pola-pola kalimatnya berikut contoh-contohnya :

A. POSITIVE :                                                   POLA KALIMAT VERBAL

     Bahasa Indonesia                                        Bahasa Inggris

   ….me, mem, ber, - …                                   S +  V1 / V1+s/es   + O + K

   Dia mencuci mobilmu setiap pagi                 He washes your car every
                                                                          every morning
B. NEGATIVE
       
   ….tidak me,mem,ber,-…                               S + do/does + not + V1 +  O + K

    Dia tidak mencuci mobilmu setiap pagi        He does not wash your car
   morning
   
C. INTERROGATIVE

1. Apakah….. me,mem,ber,-…..?                    Do/Does   +  S  + V1 +  O  +  K?

   Apakah dia mencuci mobilmu setiap            Does he wash your car every
   pagi?                                                              morning?

2. Siapa yang me,mem,ber,-….?                     WHO +V1+ s/es + O + K?
   
    Siapa yang mencuci mobilmu setiap           Who washes your car every
    pagi?                                                             morning?

3. Siapa yang tidak me,mem,ber,-….?            WHO + does not +V1  +  O + K?

    Siapa yang tidak mencuci mobilmu             Who does not wash your car
    setiap pagi?                                                  every morning?

4. Kata-kata tanya selain WHO                       QW + do /does+S+V1 +O + K?

    Dimana dia mencuci mobilmu setiap          Where does he wash your car
    pagi?                                                             every morning?
    Kapan dia mencuci mobilmu?                      When does he wash your car?
    Apa yang dia cuci setiap pagi?                     What does he wash every
                                                                          morning?
    Ingat!

V1 digunakan untuk subject     : They, We, I, You
V1 + s/es digunakan untuk        : He, She, It
Do digunakan untuk subject    : They, We, I, You
Does digunakan untuk subject : He, She, It

Ketentuan dalam menambahkan akhiran -S/ES

-  Kata kerja yang berakhiran : SS, SH, CH, X, dan harus
   ditambah -ES
   Contoh :

             pass   -  passes          fix   -  fixes
             wash  -  washes         go   -  goes
             catch  -  catches

-  Kata kerja yang berakhiran huruf -Y yang didahului oleh huruf
   mati, gantilah huruf Y dengan I kemudian tambah -ES.

   Contoh :

             carry  -  carries       cry  -  cries
             try      -  tries           fr -  fries

-  Kata-kata kerja  yang tidak termasuk kedalam ketentuan diatas
   harus ditambah akhiran -S
   Contoh :

             make  -  makes          play  -  plays
             speak -  speaks         open  - opens

Untuk menerangkan frekwuensi kegiatan, tenses ini biasanya menggunakan keterangan yang disebut Adverbs of Frequency, yaitu :

           always   = selalu                 sometimes     = kadang-kadang
           never     = tidak pernah       rarely              = jarang
           often      = sering                 generaly         = biasanya
           usually   = biasanya            frequently       = sering
           seldom  = jarang                 occasionally   = sekali-sekali
           ever       = pernah
   
Letak Adverbs of Frequency :

a. sebelum kata kerja
   Contoh :

            I never get up early on Sundays
            I sometimes stay in bed until lunch time
            Do you always get up so late?   

b. sesudah to be
   Contoh :

            I am always busy in the morning
            He is never late for school
            They are not usually at home on Sundays

LATIHAN

Salinlah kalimat-kalimat berikut ini dalam bahasa Inggris. Carilah kata-kata sukarnya di dalam kamus. Konsultasikan dengan guru bahasa Inggris kalian.

Translate the sentences into English

Task-1

  1. Saya bangun pukul setengah lima setiap pagi
  2. Orang tua saya tidak bangun pukulsetengah lima setiap pagi
  3. Mereka bangun pukul empat setiap pagi
  4. Kakak saya bangun pukul lima setiap pagi
  5. Apakah kamu bangun pukul 4 setiap pagi?
  6. Apakah orang tuamu bangun pukul lima setiap pagi?
  7. Apakah kakakmu bangun pukul 4 setiap pagi?
  8. Jam berapa kakakmu bangun setiap pagi?
  9. Jam berapa pembantumu bangun setiap pagi?
  10. Siapa yang bangun terlambat di keluargamu?

Task-2

Saya tinggal di Bandung. Saya tinggal sendiri. Saya tidak tinggal dengan orang tua saya. Kakak saya tidak tinggal di Bandung. Dia tinggal di Jakarta. Dia tinggal dengan orang tua saya di sana. Apakah kamu tinggal di Bandung? Apakah orang tuamu tinggal dengan kamu? Siapa yang mencuci pakaianmu? Apakah ayahmu bekerja? Dia bekerja dimana? Apakah ibumu juga bekerja?

Task-3

Saya bangun jam setengah lima setiap pagi. Setelah saya bangun, saya pergi ke kamar mandi. Saya menyikat gigi saya kemudian saya mencuci muka saya. Setelah itu saya sholat. Saya tidak sholat di mesjid, tapi saya sholat di rumah. Saya sholat bersama-sama dengan keluarga saya. Kadang-kadang saya sholat sendiri di kamar saya. Saudara laki-laki saya bangun jam lima. Dia sering bangun kesiangan. Dia bangun setelah semua orang di rumah selesai sholat, oleh karena itu dia sering sholat sendiri di kamarnya.

Setelah saya sholat, saya membereskan tempat tidur saya, kemudian saya menyapu kamar saya. Setelah saya selesai menyapu kamar saya, saya mandi, lalu saya memakai pakaian seragam saya.  Setelah itu, saya menyiapkan buku-buku. Saya simpan buku-buku itu di dalam tas saya. Saya makan pagi jam 6. Saya makan pagi bersama-sama dengan keluarga saya. Setelah saya makan pagi, saya pergi ke sekolah. Saya pergi ke sekolah naik mobil



Selamat Belajar

No comments:

Post a Comment