Saturday, February 25, 2012

2. SIMPLE PRESENT TENSE (NOMINAL)


    Oleh : Drs. Tony Sartono Asmara

Dilihat dari predikatnya, kalimat itu ada yang predikatnya terdiri dari kata kerja dan ada juga kalimat yang predikatnya tidak terdiri dari kata kerja. Kalimat yang predikatnya bukan kata kerja disebut kalimat  Nominal. Di dalam bahasa Inggris, predikat untuk kalimat Nominal adalah to be. Tobe untuk menerangkan waktu Present (sekarang) adalah : are,am,is. Tobe tersebut di dalam bahasa Indonesia mempunyai arti : adalah, ada / berada, menjadi, atau tidak diterjemakan, seperti dalam kalimat “He is sick” (Dia sakit). Pada contoh kalimat tersebit “is” tidak diterjemahkan.

Simple Present Tense menerangkan kejadian, keadaan atau keberadaan seseorang atau sesuatu yang terjadi sekarang, berulang-ulang, atau tetap (sementara / selamanya), seperti :

                     1. He is sick now (sekarang)
                     2. He is at school every day (berulang-ulang)
                     3. He is a teacher (tetap sementara)
                     4. He is my father (tetap selamanya)

Berikut ini adalah pola kalimat Nominal dalam bentuk kalimat Positive, Interrogative, dan Negative.

A. POSITIVE :                                   POLA KALIMAT NOMINAL

Bahasa Indonesia                                  Bahasa Inggris 

… adalah / ada …                                S  +  are, am, is   +   C

Rudi adalah teman kamu                       Rudi is your friend
Dia ada di dalam kelas                           He is in the classroom now

B. NEGATIVE
… tidak/bukan…                                   S  +  are, am, is   + not  +   C

Rudi bukan teman kamu                        Rudi is not your friend
Dia tidak ada di kelas   sekarang           He is not in the classroom now

C. INTERROGATIVE

1. Apakah…………………..?               Are, Am, Is  +  S  +  C?

Apakah Rudi teman kamu?                   Is Rudi your friend?     
Apakah dia ada di kelas?                       Is he in the classroom now?

2. Siapa (yang).........................?          Who  +  is  +  C?

Siapa Rudi?                                          Who is Rudi?
Siapa yang ada di dalam kelas?           Who is in the classroom?

3. Siapa (yang tidak/bukan)…?            Who  +  is not  +  C?

Siapa yang bukan temanmu?               Who is not your friend?
Siapa yang tidak ada di kelas?              Who is not in the classroom?

4. Kata tanya selain WHO                    QW  + are, am, is  +  S  +  C?

Dimana Rudi sekarang?                        Where is Rudi now?
Kapan Rudi ada di dalam kelas?           When is Rudi in the classroom?

LATIHAN

Sekarang salinlah kalimat-kalimat berikut ini dalam bahasa Inggris. Konsultasikan dengan guru bahasa Inggris kalian.

Bila sudah selesai mengerjakan latihan di bawah ini, untuk mengetahui lebih lanjut tentang to be yang berati "ada"klik di sini

Nama saya Rudi. Nama panggilan saya Rudi Susanto. Saya berumur 17 tahun. Saya orang Jawa. Saya seorang pelajar SMA. Sekolah saya di Jl. Burangrang no 8 Bandung. Sekolah saya tidak jauh dari rumah saya. Sekolah saya bukan sekolah negeri tetapi sekolah saya adalah sekolah swasta. Sekolah saya sangat besar. Sekolah saya sangat terkenal. Saya ada di dalam kelas sekarang. Teman-teman saya dan saya sangat sibuk di pagi hari.

Apakah kamu seorang pelajar SMA juga? Dimana sekolahmu? Kelas berapa kamu sekarang? Apakah sekolahmu dekat rumahmu?  Berapa jauhnya sekolahmu dari rumahmu? Siapa guru bahasa Inggris kamu? Apakah bahasa Inggris sukar atau mudah? Apakah bahasa Inggris penting? Pelajaran apa yang paling sukar? Mana yang lebih sukar bahasa Inggris atau bahasa Indonesia? Apa pelajaran kesukaan kamu?

Kalau sudah selesai, cobalah kalian membuat kalimat Nominal yang menceritakan tentang diri kalian sendiri. Usahakan tidak menggunakan kata kerja dulu. Ingat to benya

No comments:

Post a Comment